Pengenalan Bahasa Pemrograman Java Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek murni yang dibuat berdasarkan kemampuan-kemampuan terbaik bahasa pemrograman objek sebelumnya (C++, Ada, Simula). Java diciptakan oleh James Gosling, developer dari Sun Microsystems pada tahun 1991. Karakteristik Java antara lain : - Sederhana (Simple) - Berorientasi Objek (Object Oriented) - Terdistribusi (Distributed) - Interpreted - Robust - Aman (Secure) - Architecture Neutral - Portable - Performance - Multithreaded - Dinamis Macam-macam Java 2 Software Developer Kit (J2SDK) antara lain : - J2SE (Java 2 Standard Edition) - J2EE (Java 2 Enterprise Edition) - J2ME (Java 2 Micro Edition) Java mempunyai platform yaitu : - Java Virtual Machine (Java VM) - Java Application Programming Interface (Java API) Aplikasi-aplikasi java antara lain : - Stand alone - Applets - Aplikasi berbasis Windows (GUI) - Java Servlet - Java Server Pages (JSP) - Java Beans dan Enterprise Java Beans - Java Micro Edition Cara membuat program java yaitu : - Persiapan o Download dan Instalasi J2SDK http://java.sun.com/javase/downloads/
- Penulisan program: o Menulis program
Dapat ditulis dalam satu file .java: § Berisi satu kelas § Berisi beberapa kelas Ditulis dalam beberapa file .java: § Satu file satu kelas § Satu file banyak kelas Hanya boleh ada satu fungsi utama pada setiap program objek. o Kompilasi § javac ¿ § Contoh: § javac HelloWorld.java¿ o Eksekusi § java []¿ § Contoh: § java HelloWorld¿ § java HelloWorld “Ini argumen baris perintah”¿ Contoh Program 1 (HelloWorld.java) yaitu : /** * Program Java untuk menuliskan kata Hello, world! * HelloWorld.java */ // Deklarasi kelas class HelloWorld { // Deklarasi fungsi yang mewakili program utama public static void main(String args[]) { System.out.println("Hello, world!"); } } Contoh Program 2 (SegiEmpat.java) yaitu : /** * Menghitung luas dan keliling segi empat * SegiEmpat.java */ // Deklarasi kelas SegiEmpat class SegiEmpat { // Deklarasi atribut private float panjang, lebar; // Definisi konstruktor pertama public SegiEmpat() { panjang = 0; lebar = 0; } // Definisi konstruktor kedua public SegiEmpat(float s) { panjang = lebar = s; } // Definisi konstruktor ketiga public SegiEmpat(float p, float l) { panjang = p; lebar = l; } // Definisi layanan public void SetPanjang(float p) { panjang = p; } public void SetLebar(float l) { lebar = l; } public float GetPanjang() { return (panjang); } public float GetLebar() { return (lebar); } public float Luas() { return (panjang*lebar); } public float Keliling() { return (2*(panjang+lebar)); } // Deklarasi fungsi program utama public static void main(String args[]) { // Penciptaan objek dari kelas SegiEmpat SegiEmpat objek1 = new SegiEmpat(17, 8); SegiEmpat objek2 = new SegiEmpat(10); SegiEmpat objek3 = new SegiEmpat(); // Manipulasi objek System.out.println("Objek Pertama:"); System.out.println("Panjang = " + objek1.GetPanjang()); System.out.println("Lebar = " + objek1.GetLebar()); System.out.println("Luas = " + objek1.Luas()); System.out.println("Keliling= " + objek1.Keliling()); System.out.println("\nObjek Kedua:"); System.out.println("Panjang = " + objek2.GetPanjang()); System.out.println("Lebar = " + objek2.GetLebar()); System.out.println("Luas = " + objek2.Luas()); System.out.println("Keliling= " + objek2.Keliling()); System.out.println("\nObjek Ketiga:"); objek3.SetPanjang(19); objek3.SetLebar(45); System.out.println("Panjang = " + objek3.GetPanjang()); System.out.println("Lebar = " + objek3.GetLebar()); System.out.println("Luas = " + objek3.Luas()); System.out.println("Keliling= " + objek3.Keliling()); } } Label: JENI |